PENGENALAN STATISTIKA DALAM MATEMATIKA SD
ARTIKEL
STATISTIKA
PENGENALAN STATISTIKA DALAM
MATEMATIKA SD
OLEH :
JEIN SHAFIRA AZHAR (1617202061)
4 PSB
STATISTIKA EKONOMI (STATISTIKA II)
Mahardika Cipta Raharja, S.E., M.Si.
PERBANKAN
SYARI’AH
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO
TAHUN
2018
A. Pendahuluan
Pada
pendidikan di Indonesia diterapkan sistem tingkatan pendidikan sesuai umur.
Dari tingkatan setingkat PAUD atau Play Grup yaitu untuk anak-anak usia dini
sekitar 3 sampai 4 tahun yang sudah memiliki bakat atau keinginan bersekolah.
Berikutnya ada tingkatan TK dimana anak-anak usia 5 sampai 7 tahun yang
mendapatkan pendidikan, setelah itu naik ketingkat pendidikan SD di mana anak-anak
usia 7 sampai 12 tahun sangat perlu mendapatkan pendidikan.
Diharapkan
tulisan ini dapat memberikan pandangan kepada khalayak ramai khususnya
anak-anak mengenai apa itu statistika dan materi seperti apa terkait statistika
dalam matematika untuk anak SD. Dengn tulisan ini semoga dapaat menjadi
pandangan bagi orang tua maupun anak-anak agar lebih bersemangat mengajari
anak-anaknya atau pun agar lebih giat belajar Statistika.
B. Pembahasan
Statistika dalam arti sempit berarti kumpulan data berupa
angka, penyajian data dalam table dan grafik, bilangan yang menunjukan
karakteristik dari kumpulan data. Statistika dalam arti luas yaitu metode yang
digunakan dalam pengumpulan dan analisis data yang berupa angka-angka sehingga
dapat diperoleh informasi yang berguna. Dapat disimpulkan, Statistika adalah
ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis,
menginterpretasi, dan mempresentasikan data.[1]
Beberapa contoh bahwa statistik sangat
berperan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kehidupan sehari-hari kita
sering menggunakan ilmu statistika untuk mengatur berapa jumlah pengeluaran
kita yang disesuaikan dengan pendapatan yang kita peroleh, lalu memilih barang
yang mana yang akan kita beli, dan lainnya yang pada akhirnya membutuhkan
keputusan terbaik yang akan kita ambil. Begitu pula dengan bidang yang lainnya, membantu memutuskan
keputusan yang harus diambil secara tepat.
1. Perlunya Pembelajaran Pengelolaan Data diajarkan di Sekolah Dasar
Pembelajaran Statistika perlu
dikenalkan pada siswa sejak usia sekolah dasar. Menurut Winarno (2001:1)
anak-anak usia sekolah dasar belum dapat berpikir secara mendalam, maka
statistika yang diajarkan masih bersifat pengenalan serta diberikan di kelas
tinggi. Hal ini disebabkan karena banyak digunakan perhitungan-perhitungan,
dengan demikian diharapkan dalam belajar statistika anak tidak merasa
terbebani. Untuk itu dalam pembelajaran statistika hendaknya dikaitkan dengan
kegiatan bermain yang digemari siswa ataupun hal-hal yang dialami siswa
langsung. Kegiatan pembelajaran untuk materi statistika dapat dilakukan didalam
ataupun diluar kelas dengan pantauan guru. Kegiatan pembelajaran yang dipilih
diusahakan yang dapat dibayangkan siswa sesuai dengan lingkungan kehidupan
nyata dari alam pikiran siswa.
2. Materi Statistika bagi Anak SD
2. Materi Statistika bagi Anak SD
Mengumpulan dan Menyajikan Data
Data
adalah suatu keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau
mendapat gambaran suatu keadaan. Data yang terkumpul dapat disajikan dalam
bentuk tabel, diagram garis, diagram batang,diagram lingkaran, atau diagram
gambar (piktogram).[2]
Data adalah suatu keterangan yang
diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau mendapat gambaran suatu keadaan.
Data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram
batang,diagram lingkaran, atau diagram gambar (piktogram).
a) Pengumpulan data
Sebelum
memperoleh sebuah data, maka kita harus melakukan proses pengumpulan data. Ada
beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan data, diantaranya melalui:
1) Penelitian
2) Wawancara
3) Polling/angket
4) Penghitungan langsung
b) Penyajian data
Setelah memperoleh data, biasanya
data-data tersebut disajikan dalam beragam bentuk. Salah satu contoh data yang
bisa disajikan adalah nilai matematika dari siswa yang ada di sebuah sekolah.
Dalam bentuk tabel
Menggunakan tabel digambarkan dengan menggunakan tabel, berikut adalah
contoh tabel data nilai matematika siswa SD Tunas Harapan:
No NilaiJumlah Siswa16552709375144801058556907Jumlah50
Ada 9 siswa yang memperoleh nilai 70
Ada 14 siswa yang memperoleh nilai 75
Ada 10 siswa yang memperoleh nilai 80
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 85
Ada 7 siswa yang memperoleh nilai 90
Menggunakan diagramDiagram ada beragam bentuknya mulai dari diagram batang, diagram lingkaran, diagram gambar dan diagram garis.
a. Diagram batangMari kita ubah data diatas ke dalam bentuk diagram batang:b. Diagram lingkaran:Untuk membuat diagram lingkaran, kita harus mencari persentase besar sudut dari data yang di dapat:Nilai 65 = 5/50 x 360o = 36oNilai 70 = 9/50 x 360o = 64.8oNilai 75 = 14/50 x 360o = 100.8oNilai 80 = 10/50 x 360o = 72oNilai 85 = 5/50 x 360o = 36oNilai 90 = 7/50 x 360o = 50.4o
c. Diagram garis:
Hampir sama seperti diagram batang hanya saja bentuknya diubah menjadi garis.
Pengolahan data
Di dalam pengolahan sebuah data ada beberapa hal yang harus kita cari dengan menggunakan rumus matematika, yaitu:
Mean adalah nilai rata-rata dari keseluruhan data yang di dapat. Nilai rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan seluruh nilai kemudian dibagi dengan banyaknya data.
Sebagai contoh dari data di atas kita bisa mencari meannya dengan cara menjumlahkan nilai yang ada kemudian dibagi dengan jumlah siswa yang ada, seperti ini: Jadi nilai rata-rata siswa kelas VI untuk pelajaran matematika di SD Tunas Mekar adalah 9.3
Modus merupakan nilai yang paling sering muncul di dalam data tersebut. Bila dilihat dari data nilai matematika siswa kelas VI SD Tunas Mekar, maka nilai yang paling sering muncul adalah 70 karena ada 14 siswa yang mendapatkan nilai 70.
3. Median
Median adalah nilai tengah. Diperoleh dengan cara mengurutkan nilai-nilai yang ada dari yang terkecil sampai terbesar. Perhatikan contoh berikut:
Contoh Soal
Nilai ulangan harian matematika kelas IV SD Sumber Rejo berturut-turut adalah: 5,6,7,8,9,7,8,7,10,5 carilah median dari data tersebut.
Jawab:
Urutkan nilai-nilai tersebut dari yang terkecil : 5,5,6,7,7,7,8,8,9,10 -> jumlah datanya ada 10.
Ambil nilai yang ada ditengah-tengah, bila jumlah datanya genap ambil dua nilai yang ada ditengah kemudian dibagi dengan 2. Seperti pada soal diatas, karena jumlah datanya genap (10) maka kita ambil dua nilai yang ada di tengah yaitu 7 dan 7
7+7 : 2 = 14 : 2 = 7
Maka median dari data tersebut adalah 7.
Demikianlah pembahasan singkat tentang Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas 6. Semoga bisa membantu kalian untuk lebih memahami materi matematika yang diajarkan di sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
[2] https://matematikajitu.wordpress.com/2011/09/28/mengumpulkan-dan-menyajikan-data-statistika-sdmi/
[3] http://www.rumusmatematikadasar.com/2014/12/Materi-Pengumpulan-dan-Pengolahan-Data-Matematika-SD-Kelas-6.html?m=1
Komentar
Posting Komentar