KASUS STRATIFIED RANDOM SAMPLING




Disusun oleh:
Maela Nil Fauzi (1617202066)

Guna memenuhi tugas mata kuliah Statistika Ekonomi (Statistika II)
Dosen Pengampu : Mahardika Cipta Raharja, S.E, M.Si


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
JURUSAN PERBANKAN SYARIAH
2018


A.  Pendahuluan
Stratified random sampling adalah suatu teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan suatu tingkatan (strata) pada elemen populasi. Elemen populasi dibagi menjadi beberapa tingkatan (stratifikasi) berdasarkan karakter yang melekat padanya. Dalam stratified random sampling elemen populasi dikelompokkan pada tingkatan-tingkatan tertentu dengan tujuan pengambilan sampel akan merata pada seluruh tingkatan dan sampel mewakili karakter seluruh elemen populasi yang heterogen.
Pada umumnya populasi-populasi yang dijadikan sebagai objek penelitian lebih cenderung heterogen. Karena apabila diketahui karakter elemen populasi bersifat homogen maka prosedur pengambilan sampel tidak perlu rumit, tidak perlu menggunakan teknik sampel yang sulit dan ukuran sampel diambil pun cukup sedikit saja.
B.  Pembahasan
Stratified Random Sampling adalah cara mengambil sample dengan memperhatikan strata (tingkatan) di dalam populasi. Pengambilan sampel berstrata merupakan teknik pengambilan sampel di mana populasi dikelompokan dalam strata tertentu kemudian diambil sampel secara random dengan proporsi yg seimbang sesuai dengan posisi dalam populasi. Dalam stratified data sebelumnya dikelompokan kedalam tingkat-tingkatan tertentu, seperti: tingkatan tinggi, rendah, sedang atau baik, jenjang pendidikan kemudian sample diambil dari tiap tingkatan tersebut. Karena unsur populasi berkarakteristik heterogen dan heterogenitas tersebut mempunyai arti yang signifikan pada pencapaian tujuan penelitian, maka peneliti dapat mengambil sampel dengan cara ini.
Stratified random sampling dibagi menjadi 2 macam:
·         Proportional stratified random adalah cara pengambilan sampel populasi yang mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional dari setiap elemen populasi yang dijadikan sampel dan pengambilan sampel dilakukan secara random
·         Disproportional stratified random adalah suatu cara pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan besar kecilnya perimbangan yang terdapat pada strata dalam populasi.
Contoh :
Proportional stratified random 
Populasi karyawan  PT. Bumi Putera berjumlah 150 orang, dengan sampel yang diperoleh adalah 100 orang. Berapakah sampel untuk masing-masing populasi (promosi 30, produksi 60, penjualan 30, dan desain 30)?
Jawab :
Jumlah sampel per masing-masing bagian ditentukan dengan rumus
n = (populasi kelas/jumlah populasi keseluruhan) × jumlah sampel yang ditentukan
  1. Bagian Promosi
n = (30/150) × 100
= 20
  1. Bagian Produksi
n = (60/150) × 100
= 40
  1. Bagian Penjualan
n = (30/150) × 100
= 20
  1. Bagian Desain
n = (30/150) × 100
= 20 

C.  Penutup
Stratified Random Sampling adalah cara mengambil sample dengan memperhatikan strata (tingkatan) di dalam populasi. Pengambilan sampel berstrata merupakan teknik pengambilan sampel dimana populasi dikelompokan dalam strata tertentu kemudian diambil sampel secara random dgn proporsi yg seimbang sesuai dgn posisi dalam populasi. Stratified random sampling dibagi menjadi 2 macam, yaitu Proportional stratified random dan  Disproportional stratified random.
















Sumber :
Akdon & Hadi, S. (2004). Aplikasi statistika dan metode penelitian untuk admistrasi & manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN REGRESI LINEAR BERGANDA

PROBABILITAS PENDEKATAN SUBJEKTIF

PENGENALAN STATISTIKA DALAM MATEMATIKA SD